by

Sedulur Papat Kalima Pancer, Roh Mahluk Halus Tidak Bisa Dilihat Oleh Mata Telanjang

Bagi kebanyakan masyarakat jawa yang hidup sejalan dengan kebudayaan jawa kental dan kearifan lokalnya yang mendarah daging, mungkin tak jarang atau malah sudah familiar dengan salah satu mitos jawa yang dikenal dengan sebutan Sedulur papat kalima pancer.

Tidak ada yang tahu pasti kapan istilah Sedulur papat kalima pancer ini pertama kali diyakini oleh banyak masyarakat jawa. Namun, yang jelas hal ini sudah menjadi satu diantara polemik hal klenik dan mitos sebagai bukti kayanya bangsa Indonesia. Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud mitos jawa Sedulur papat kalima pancer ini? Tim Hantupedia akan coba ulas mendetail tentang hal itu dikesempatan kali ini.

4 Saudara tak kasat mata yang ikut lahir bersama kita?
Konon katanya menurut kepercayaan kebanyakan masyarakat jawa, ketika seorang bayi lahir ada 4 saudara gaibnya yang ikut lahir juga ke dunia ini. Keempat saudara yang ikut lahir didunia bersama kita itu dipercaya akan menemani dan mendampingi kita ketika selama hidup di dunia.

Mitos Jawa empat saudara ini adalah termasuk roh atau makhluk halus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Banyak orang-orang dijawa menyebut mereka dengan istilah istilah lain seperti sedulur kembar, Sukmo sedulur papat dan lain lain.

Konsep astral tersebut hingga kini masih dipercayai dan dihayati oleh kebanyakan masyarakat jawa. Banyak yang mengatakan bahwa hal ini adalah bentuk perkiling (peringatan) dari Tuhan kepada kita bahwa hidup ini hanya sementara. Oleh karena itu, masyarakat jawa banyak yang terbiasa melakukan tirakat, ritual atau aktifitas kebatinan tertentu untuk menjadi lebih dekat dengan keempat saudara gaib tersebut.

Adapun sebutan-sebutan untuk keempat saudara halus itupun beragam menurut banyak versi. Versi yang paling banyak tim Hantupedia temui adalah panggilan kakang kawah (Saudara yang paling tua), pusar, adi ari-ari (saudara yang termuda), dan getih. Kita sendiri disebut Pancer yang berarti pusat dari kempat saudara kita tersebut. Karena mereka berempat adalah saudara ghaib yang lahir bersama kita didunia, maka orang-orang bilang bahwa keempat saudara itu memiliki paras yang sama dengan kita.

Dari sumber yang lain, tim Hantupedia juga mendapati istilah nama-nama khusus untuk keempat saudara tak kasat mata kita itu berdasarkan arah mata angin. Nama-nama tersebut adalah Warudijaya, Sinotobrata, Purbangkara, dan Tirtanata. Ada juga yang menamai dengan nama-nama lain yakni Watman, Wahman, Rahman dan Ariman.

Cara memanggil keempat saudara
Para orang-orang tua di Jawa percaya bahwa keempat saudara itu bisa dipanggil dan akan datang dari 4 arah mata angin yang berlawanana, yakni utara, selatan, timur dan barat. Konon bila kita memanggil mereka dikala sedang sakit, maka mereka akan bisa membantu dalam pemulihan diri dengan cara sinergi aura.

Menurut beberapa sumber yang telah tim hantupedia tanyai, ada beberapa cara untuk memanggil keempat saudara gaib tersebut. (1) Dengan hanya membaca mantra saja, (2) Dengan mengamalkan beberapa kegiatan seperti mandi besar serta sholat dan (3) Dengan mempersiapkan sesajen Sedulur papat. Mantra yang diucapkan adalah sebagai berikut:

sedulur papat kalima pancer kakang kawah adi ari ari, dulurku kang ora ketok, lan kang ketok, sing ora ono lan sing ora ono, sing urip lan ora urip, sing lahire bareng karo aku, sumurupo marang aku, nek kowe wis teko aku dituduhno, suarakno, lan obahno.

Menurut beberapa saksi yang pernah mencobanya mitos jawa Sedulur papat kalima pancer ini. Setelah membaca mantra itu, sekelebat akan diberi tanda oleh keempat saudara ghaibnya. Entah dengan suara bisikan, gerakkan benda-benda disekitarnya atau malah langsung diperlihatkan wujud mereka. Sobat Hantupedia berani coba?

Memang banyak sekali hal hal yang tidak masuk diakal di dunia ini, kebudayaan dan kearifan lokal setiap daerah selalu menceritakan banyak sekali ciri khas dan kepercayaan spiritual mereka. Hal ini tentu adalah pilihan bagi anda, apakah anda memilih untuk percaya atau memilih untuk tidak percaya. Yang pasti adalah segala hal di dunia ini terjadi menurut kehendak yang Kuasa, kita manusia hanya bisa berusaha sebaik-baiknya.

sumber : hantupedia.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed