by

Ra Latif: Ulama dan Pesantren Punya Peran Strategis Bagi Pembangunan di Bangkalan

Bangkalan, Sapujagat.net || Calon Bupati (cabup) Bangkalan nomor urut 3 Abdul Latif Imron Amin, kembali memuji peran strategis ulama bagi progresivitas pembangunan di suatu daerah, khususnya di Kabupaten Bangkalan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri gelaran temu alumni Aschol Pondok Pesantren (PP) Syaikhona Kholil Bangkalan, pada Sabtu (21/4/2018).

Ra Latif sapaan kondang Abdul Latif Imron Amin menyebut, ulama dan pesantren ibarat dwi tunggal yang saling melengkapi. Dimana ada pesantren disitu pasti ada ulama yang istiqomah mensyiarkan pesan moral kebajikan dalam pembangunan karakter bangsa maupun pembangunan lainnya.

Dengan peran yang begitu strategis itulah, cabup yang diusung oleh PPP, Golkar dan Gerindra ini berharap para alumnus pondok pesantren yang notabene adalah asuhan ulama mampu menyebarkan syiar Islam kedalam sendi-sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

“Alumnus pondok pesantren yang dulunya diasuh dan dibimbing oleh ulama harus mampu menentukan arah masa depan kehidupan, utamanya bagi masyarakat Bangkalan,” pinta kiai muda kharismatik itu.

Khusus di Bangkalan sendiri, peran ulama, kiai dan santri jebolan pesantren dapat mengawal pembangunan di kota berjuluk dzikir dan sholawat agar tidak melenceng dari kearifan lokal yang telah dipedomani.

“Tentunya seluruh masyarakat Bangkalan menginginkan pembangunan di Bangkalan berbasis kearifan lokal dan bernuansa religius,” papar Ra Latif.

Almamater Aschol PP Syaikhona Kholil, kata Ra Latif, termasuk bagian dari pengisi pembangunan di Bangkalan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya.

“Disamping sebagai penyebar ilmu agama kepada masyarakat, pesantren juga benteng penyelamat umat,” urainyam

Dengan begitu, wakil ketua DPRD Bangkalan ini punya ekspektasi besar kepada seluruh alumni, agar kedepannya jebolan Aschol PP Syaikhona Kholil mengembangkan kiprah dalam pembangunan di Bangkalan.

“Maju dan tidaknya Bangkalan ada dipundak kita semua, semua pihak termasuk alumni Aschol PP Syaikhona Kholil Bangkalan,” harapnya. (Erik)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed