by

Periksa 33 Tenaga Kerja Asing, Tim Pora TaK Temukan Pelanggaran

Surabaya – Personel gabungan dari wilayah Rungkut dan Gunung Anyar Surabaya bekerjasama dengan Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) menggelar operasi yustisi di lokasi pabrik rokok Sampoerna di Jalan Rungkut Surabaya, Rabu (18/7) siang.

Di area pabrik rokok terbesar di Indonesia ini, tim gabungan melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian 33 warga negara asing.

Pemeriksaan dokumen sendiri disambut dengan respek oleh manajemen pabrik. Mereka memanggil 33 tenaga kerja asing dan meminta menyerahkan dokumen keimigrasian ke tim gabungan.

Salah satu anggota Tim Pora, Ardiansyah mengatakan, operasi yustisi ini dilakukan demi tertib administrasi keimigrasian bagi warga negara asing yang bekerja di perusahaan rokok Sampoerna.

“Kalau mereka memahami pentingnya aturan tinggal di Surabaya sebagai warga negara asing maka biar dikemudian hari tidak ada masalah maka kami dari imigrasi menghimbau kepada mereka untuk mentaati aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Dari operasi yustisi itu, lanjut Ardiansyah, telah memeriksa sekitar 33 warga asing dan dari pengecekan data keimigrasian tidak ditemukan pelanggaran.

“Hasil dari pengecekan dan pendataan untuk orang asing yang bekerja di PT Sampoerna berjumlah 33 orang asing dengan dokumentasi lengkap dan tidak ditemukan pelanggaran,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Danramil Rungkut Mayor Suprianto mengaku puas dengan operasi yustisi orang asing yang dilakukan petugas gabungan. Giat itu sendiri pun dilaksanakan dengan sukses dan aman.

Pihaknya bersama instansi lain juga terus melakukan pemantauan wilayah yang memang di wilayah Rungkut banyak orang asing tinggal.

“Setelah kita data maka kita mengetahui seberapa banyak orang asing tinggal di kota Surabaya khususnya di wilayah Rungkut dan Gunung Anyar,” ujarnya.

Danramil menegaskan, tiga pilar Rungkut berjanji bahwa wilayah Rungkut dan Gununganyar tetap nyaman dan aman untuk ditinggali oleh warga maupun warga asing.

Diketahui, personel gabungan dari wilayah Rungkut diantaranya Camat, Danramil, Kapolsek dengan dibantu personel dari Bakesbapol Linmas Surabaya. Sedangkan dari Tim Pora Imigrasi Waru ada 4 orang dan operasi yustisi itu sendiri di fokuskan di pabrik rokok Sampoerna Jalan Rungkut Industri dan Kalirungkut. (geng/mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed