by

Operasi Yustisi, Petugas Gabungan Sisir Rumah Kosan Warga Musiman

SURABAYA – Operasi yustisi yang dilakukan petugas gabungan tiga pilar wilayah Tambaksari kali ini dilakukan malam hari. Ada 4 titik pemukiman penduduk di Kelurahan Kapas Madya yang di data petugas, Selasa (3/7/2018).

4 titik perkampungan itu berada di wilayah RW02, RW05, RW06, dan RW07 Kelurahan Kapas Madya.

Kedatangan petugas gabungan sendiri juga sempat mengagetkan para penghuni kosan yang lebih banyak dihuni para keluarga. Salah satunya Hartati (39) warga Singosari Kabupaten Malang yang kaget dengan kedatangan petugas yang meminta dirinya menunjukkan kartu keluarga dan KTP.

“Mohon maaf ibu, kami dari petugas kecamatan. Maksud kedatangan kami ini meminta ibu menunjukkan dokumen kependudukannya biar kami tahu asal ibu dari mana,” ucap Heri salah satu petugas Satpol PP kecamatan Tambaksari.

Mendengar penjelasan petugas, Hartati langsung paham dan menunjukkan kartu keluarga dan KTP. Ia menjelaskan kalau sudah tinggal hampir setahun di rumah kos milik warga Kapas Madya dan bekerja disalah satu pabrik disekitar kampungnya.

“Sebenarnya tadi sempat kaget, untungnya saya kemana mana selalu bawa dokumen kependudukan karena ini penting baik buat kerja dan tinggal di kota lain,” ucapnya lugu.

Terpisah, Danramil Tambaksari Mayor NH Irianto menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi agenda rutin institusi 3 pilar. Selain untuk mengetahui berapa banyak penduduk musiman di Kecamatan Tambaksari juga dapat memetakan wilayah agar tetap aman dan nyaman.

“Selain operasi yustisi, kami juga meningkatkan komunikasi sosial dengan tokoh masyarakat, agama, dan warga. Ini penting dilakukan dalam menjaga kondusivitas wilayah,” tegasnya.

Danramil berharap, anggota Koramil Tambaksari khususnya personel babinsa bisa meningkatkan kemampuannya baik memberikan wawasan kebangsaan maupun komunikasi sosial ke warga binaanya masing-masing.

“Kemampuan komunikasi sosial dan pemberian pemahaman wawasan kebangsaan adalah kunci menjaga wilayah Tambaksari tetap aman dan nyaman,” pungkasnya. (geng/mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed