by

Buku Democratic Policing Kapolri Dibedah Unesa

SAPUJAGAT.net | SURABAYA – Buku Democratic Policing yang ditulis Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian dan Prof Hermawan Sulistyo dibedah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (9/3). Acara digelar oleh Forum Alumni BEM Nusantara Jatim dan dihadiri Kepala Biro Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol M Iqbal mewakili Kapolri.

Iqbal mengucapkan terima kasih pada akademisi dan aktivis yang telah menyambut baik buku karya Kapolri dan Prof Hermawan Sulistyo. Menurutnya, tugas kepolisian tidak akan baik kalau tidak ada dukungan dari masyarakat.

Dalam buku ini, kata Iqbal, Polisi dituntut harus paham betul melaksanakan tugas-tugas kepolisian di era demokrasi. “Saya datang memenuhi undangan mewakili Kapolri. Kami berterima kasih kepada seluruh akademisi dan aktivis atas respons yang baik hadirnya buku ini,” ujarnya di Gedung Gema Unesa.

Iqbal berharap, ketika Kapolri mewajibkan anggota polri membaca dan menerapkannya dalam bertugas, maka masyarakat akan lebih percaya, tugas polisi tidak lepas dari masyarakat.

Hermawan Sulistyo yang juga penulis buku ini mengatakan, bahwa buku ini mengulas bagaimana menegaskan Polri adalah institusi sipil, maka kalau pejabatnya salah harus di proses pidana sipil. “Dunia berubah, Indonesia berubah, dan tugas polisi sekarang sebagai institusi sipil harus ditegaskan. Polisi itu institusi sipil, pejabatnya kalau salah kena pidana sipil,” kata Hermawan.

Menurutnya, polisi adalah institusi sipil yang dipersenjatai yang kadang-kadang polisinya sendiri belum paham. Buku ini, kata Hermawan, menjadi bacaan wajib bagi anggota. Ia mengatakan, tantangan Polri yang mendesak saat ini adalah menghadapi isu SARA. ‚ÄúTantangan polisi saat ini menghadapi sara. Kasus hoaks tidak ada dalam era domain polisi lama, polisi sekarang harus menghadapinya,” katanya.

Buku Democratic Policing telah dicetak 4.000 eksemplar dan menjadi bacaan wajib anggota Polri. Buku ini menjadi tema pendidikan Polri dari Bintara sampai Perwira Tinggi. (afr/aya)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed